Mazda RX-8 Blogger Template

This is Description

Senin, 26 April 2010

merawat sistem transmisi

Kaki Kiri Lebih Happy
dengan Merawat Sistem Transmisi

Nyetir mobil dengan transmisi matic memang lebih nyaman ketimbang dengan transmisi manual. Dengan sangat menarik, iklan Daihatsu Terios matic bahkan menggunakan istilah “Terkena Demamatik”. Tak jauh dari mobil ada barisan orang-orang berdiri dengan kaki kiri terangkat. Maksudnya, tentu saja karena dengan transmisi matic kaki kiri bisa istirahat penuh.

Mobil bertransmisi manual memang masih melibatkan kaki kiri. Meskipun demikian, ada juga perawatan transmisi agar beban kaki kiri kita tidak terlalu berat. Idealnya, pengoperasian pedal kopling tidak terlalu membebani kaki kiri. Bergegaslah memeriksa sistem transmisi mobil Anda jika penekanan pedal kopling terasa lebih keras dari biasanya. Bisa jadi ini indikasi awal mengenai ancaman kerusakan komponen-komponen di sistem transmisi.

Seharusnya, masalah pedal kopling keras ini akan terhindari seandainya kita rutin melakukan perawatan mobil di bengkel. Karena itu, AstraWorld menyarankan agar tidak lupa melakukan service berkala. Sistem transmisi termasuk bagian yang akan diperiksa. Misalnya, penyetelan ulang ketinggian dan gerak bebas kopling. Selain itu, mekanik juga akan membersihkan rumah dan kabel kopling dari kotoran yang menempel. Dan, menguras minyak kopling.

Pemeriksaan, pengurasan dan penyetelan tersebut akan memastikan pedal kopling normal. Selain setelan tinggi dan gerak bebas yang tidak pas, pedal kopling yang keras juga bisa disebabkan oleh kabel kopling (bagi yang masih menggunakan kabel) dalam kondisi kotor sehingga seret. Itu sebabnya akan ada pembersihan ataupun pengurasan (bagi yang menggunakan minyak kopling). Bisa juga bagian kawat bajanya terkelupas, sehingga harus diperbaiki.

Indikasi lain yang bisa menjadi penyebab pedal kopling keras adalah pelat kopling sudah tipis. Solusi jika memang terbukti sudah tipis, sebaiknya diganti dengan pelat kopling baru.

Di samping service rutin ke bengkel, AstraWorld juga menyarankan agar merawat dan memperlakukan pedal kopling dengan gaya berkendara lebih tepat. Jika ini dilakukan, beban kerja kaki kiri kita akan lebih ringan, dan happy. Berikut ini tiga poin yang harus dipertimbangkan:

1. Mengganti minyak kopling secara periodik, terutama yang terpisah dengan tangki cadangan minyak rem. Minyak yang kotor akan memicu kemunculan karat pada sistem hidrolik. Penggantian juga dapat menghilangkan angin palsu.

2. Hindari sering menggantung atau menginjak pedal kopling, terutama saat macet di tanjakan. Hal ini akan membuat pelat kopling cepat tipis. Gunakan saja rem tangan (handbrake).

3. Pastikan komponen yang kita gunakan asli, karena banyak kasus setelah penggantian kopling set justru malah membuat pedal lebih keras dari biasanya. Biasanya karena cover clutch (matahari) yang abal-abal lebih keras dibandingkan produk asli.

Aneka Tips and Trick lainnya dapat dibaca di www.astraworld.com

Manfaatkan kedahsyatan POSITIVE THINKING dalam mencapai impian, cita-cita dan target hidup kita. Simak juga cara-cara POSITIVE PARENTING dalam mendidik anak. Baca artikel-artikelnya di MY WORLD

AstraWorld, my driving partner

0 komentar:

Poskan Komentar