Mazda RX-8 Blogger Template

This is Description

Rabu, 21 April 2010

tips beasiswa

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang perlu untuk di sajikan dalam hal tips dan trik supaya bisa mendapatkan Beasiswa yang kita idam-idamkan selama ini, bahkan Beasiswa merukana suatu hal yang favorite bagi bangsa kita ini. apalagi sekarang ini kondisi ekonomi juga sepertinya hanya milik orang-orang berduit saja, truss.. gimana buat kita yang notabenenya buat makan aja susah tapi mempunyai cita-cita yang luhur untuk menjadikan diri kita bermanfaat untuk diri kita sendiri, untuk keluarga kita dan terutama untuk Bangsa dan Negara kita tercinta ini dengan melanjutkan study kita ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Untuk menyiasati hal itu perlu kiranya kita mempunyai langkah-langkah strategis supaya cita-cita dan keinginan kita tersebut bisa terlaksana, ya.. satu-satunya jalan dengan ikut program Beasiswa. Tapi.. ada tapinya nich.. mengikuti program-program beasiswa tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan saja, perlu adanya kerja keras dan juga kemauan yang tinggi untuk menopangnya.

so.. jika kalian ingin mendapatkan Beasiswa yang jadi idaman Anda tersebut, berikut ada sedikit tips yang sekiranya dapat membantu langkah kita dalam menapaki dunia Beasiswa tersebut. Intinya kita harus benar-benar konsisten dan teguh dalam mengejar cita-cita kita untuk belajar, jangan berspekulasi dengan masadepan Anda kelak, mending bersusah-susah dahulu berenang-renang kemudian eh.. salah berakit-rakit kehulu berenang ketepian, bersakit dahulu bersenang kemudian.. yah.. begitulah pokoknya.

Berikut ada Tips-tips yang sangat bermanfaat yang saya dapat dari kata.blogdetik.com, sekiranya dengan tips ini diharapkan dapat menjadi pemicu Anda untuk mendapatkan bekal yang lebih banyak lagi di kemudian hari, mengingat tips Beasiswa tidak hanya terpaku dari ulasan berikut ini saja, melainkan banyak sekali jika Anda mau mencari di luar sana..

1. KEAHLIAN.
Pemberian beasiswa diberikan secara selektif mengingat terbatasnya dana yang tersedia. Umumnya, beasiswa diberikan kepada orang yang sangat ahli di bidangnya. Setidaknya, sejak dini harus mempersiapkan diri dengan satu keahlian khusus yang digeluti secara intens sehingga bidang ini merupakan spesialisasi yang benar-benar dikuasai. Spesialisasi penting untuk lebih memfokuskan target perburuan pada jenis-jenis beasiswa tertentu.
Keahlian penunjang juga tidak bisa diabaikan seperti bahasa Inggris, pengalaman pengabdian di bidang sosial maupun organisasi, dan ketrampilan berkomputer (terutama olah dokumen dan aplikasi-aplikasi internet).

2. BERBURU BEASISWA.
Lakukan perburuan beasiswa secara serius. Buatlah daftar sebanyak-banyaknya pihak-pihak yang rutin menyelenggarakan beasiswa, baik nasional maupun internasional. Temui siapa saja yang pernah mendapatkan beasiswa. Galilah pengalaman mereka. Ini penting untuk mendapatkan metode khusus pengajuan beasiswa.
Kunjungilah tempat-tempat yang biasa menjadi kebiasaan orang menempelkan pengumuman seperti kantor pos, keluarahan, balai desa, kecamatan, depnaker, hingga dinas pendidikan.
Jika memungkinkan, berkirimlah surat meminta informasi beasiswa ke pihak yang memang rutin memberikan beasiswa. Biasanya mereka sangat bermurah hati melayani permintaan informasi ini.

3. BAHASA ASING.
Syarat utama untuk mendapatkan beasiswa adalah bahasa asing (biasanya tofl min 550 atau ILTS 5.5), indeks prestasi, prestasi diluar akademik, serta pengalaman berorganisasi maupun pengabdian masyarakat. Empat point ini lazim menjadi ukuran awal seorang layak atau tidak untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Jika diminta, siapkan juga proposal riset yang ingin dilakukan kelak.

4. LAKUKAN RISETMU.
Luangkan waktu untuk berburu berbagai informasi beasiswa, persyaratan-persyaratan, hingga tenggat waktunya. Bertanyalah kepada para temanmu, penasehat atau bimbingan, maupun yayasan yang menyelenggarakan beasiswa. Informasi dapat juga dilihat di www.infobeasiswa.net, pastikan bahwa anda memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi beasiswa sebelum meluangkan waktu untuk memenuhi persyaratan administrasi. Lakukan semua ini setelah yakin bahwa anda layak mengikuti seleksi dan periksalah kemampuan anda melengkapi persyarakatan-persyaratan sesuai tenggat waktu yang ditetapkan.

5. LAKUKAN DARI AWAL.
Aturlah sedemikian rupa sehingga anda cukup punya waktu untuk mengisi aplikasi beasiswa, meminta surat rekomendasi, maupun catatan-catatan yang diperlukan, hingga menyerahkannya tepat pada waktunya.

6. IKUTI ARAH PETUNJUK.
Jangan lakukan sesuatu yang anda tidak yakini kebenarannya. Perhatikan petunjuk yang diberikan oleh panitia. Pastikan bahwa anda sudah menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan memuaskan. Jangan pernah mencantumkan informasi yang tidak lengkap.

7. MENINJAU ULANG APLIKASI.
Jangan segan-segan, apalagi malas, untuk mengedit aplikasimu. Jika perlu bacalah keras-keras untuk meyakinkan apa yang telah anda tulis. Pilihlah beberapa teman atau anggota keluargamu untuk mendengarkan bacaan aplikasimu. Ini penting agar mereka bisa membantu mengingatkan hal-hal yang salah atau mungkin terlewat.

8. KEJUJURAN MENGISI APLIKASI MENUNJUKAN DIRI ANDA YANG SEJATI.
Kisah-kisah dan pemikiranmu sendiri adalah kekuatan besar karena semua ini akan menunjukan siapa dirimu sebenarnya dan mengeluarkan sisi yang menonjol. Kebanyakan penilai permohonan beasiswa mencari sisi-sisi yang berbeda dan memiliki kelebihan melebihi yang termuat dalam resume yang diajukan. Para pemberi beasiswa ini ingin membantu orang-orang yang tertarik akan melanjutkan pendidikan mereka.

9. JANGAN RAGU UNTUK MEMINTA BANTUAN.
Gunakan sumber daya di sekitarmu semaksimal mungkin. Mintalah bantuan dan lakukan risetmu. Banyak-banyaklah berkonsultasi dengan pihak-pihak yang telah berhasil mendatkan beasiswa. Ada cara-cara tertentu dalam mengisi aplikasi-aplikasi beasiswa. Membutuhkan waktu cukup banyak dan kesabaran lebih untuk belajar tentang hal ini.

10. SALINAN.
Buatlah salinan semua aplikasi dan dokumen-dokumen yang telah dibuat. Simpanlah serapi mungkin. Termasuk di dalamnya juga catatan-catatan yang berhubungan dengan permohonan pengajuan beasiswa.

11. PERHATIKAN BETUL BATAS WAKTU PENGAJUAN
Aplikasi-aplikasi yang terlambat tidak akan dipertimbangkan. Batas waktu pengajuan harus benar-benar diperhatikan mengingat pengajuan beasiswa merupakan sebuah kompetisi. Memperhatikan batas waktu sangat bermanfaat untuk membuat perhitungan waktu selama persiapan-persiapan pemenuhan persyaratan beasiswa.

Semoga tips tersebut bisa membangkitkan semangat Anda dalam berburu Beasiswa, sehingga Anda mendapatkan apa yang Anda semua idam-idamkan.. Amin...

0 komentar:

Poskan Komentar