Mazda RX-8 Blogger Template

This is Description

Senin, 26 April 2010

20 SERVIS RINGAN

Hari ini enaknya nulis apa ya???? Oiy, jadi sepeda motor ku kemaren belum sempet service. Buat anda yang pengen ngerti menenai service motor, berikut ini poin – poin yang biasa dilakukan dalam service sepeda motor, menurut Honda.

  1. Pemeriksaan, Penggantian / Penambahan* Pelumas

    Seperti biasa, memeriksa apakah pelumas mesin masih baik atau tidak jika sudah kurang baik sebaiknya diganti dan bila kurang (dibaca:kurang dari takaran) tinggal ditambahkan lagi tapi harus diingat untuk mengganti dengan minyak pelumas yang sama dengan minyak pelumas yang sebelumnya. Ini dimaksudkan agar minyak pelumas tidak bereaksi dengan minyak pelumas yang lain.


    Dalam pemilihan minyak pelumas haruslah disesuaikan dengan karakteristik mesin yang digunakan. Hal ini akan merawat mesin agar tetap baik selain itu juga dapat menghemat pengeluaran untuk minyak pelumas. Perlu diketahui jika mesin motor yang digunakan hanya untuk pergi kantor atau pergi sekolah yang tidak memerlukan kerja keras dari mesin maka pelumas yang dibutuhkan tidak perlu menggunakan pelumas sinthetic, selain pelumasnya mahal dimesin pun kurang effektif. “bagaikan membunuh nyamuk dengan nuklir” kurang effektif. Akan tetapi jika mesin yang digunakan untuk balap atau untuk jarak yang jauh atau mesin bekerja dengan keras maka oli sinthetic cukup tepat.

    Selain itu, orang kadang memakai minyak pelumas dengan SAE dengan seri W atau winter untuk penggunaan minyak pelumas tersebut pada negara 4 musim memang baik akan tetapi jika digunakan di negara tropis minyak pelumas tersebut tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Akan lebih baik jika dengan menggunakan minyak pelumas yang biasa karena minyak pelumas yang tanpa seri W sudah cukup untuk negara yang berada dikawasan tropis.

  2. Pemeriksaan Saringan Oli


    type sport, menyatu dengan tutup pembuangan oli


    type bebek, dilakukan dengan membuka right crankcase

    bersihkan saringan Oli karena jika saringan tidak bersih, mengakibatkan pelumasan tidak sempurna. Ini dapat mengakibatkan adanya gesekan pada mesin yang membuat mesin menjadi cepat manas dan dapat mengakibatkan aus. Jika mesin aus mengakibatkan mesin bias rusak. Dan mengakibatkan kita harus mengganti, duit keluar lagi dah…. Buset…!!!

  3. Pemeriksaan / Penyetelan Kopling
    1. Sport

      Atur jarak bebas 10 – 20 mm


    2. CUB


  4. Pemeriksaan / Penyetelan Renggang Klep
  • Pelatuk klep harus bebas biasanya jarak clearance bebas untuk motor bebebk adalah 0.05 mm
  • Piston berada pada posisi TMA pada langkah kompresi
  • Pemeriksaan dilakukan dalam kondisi mesin dingin



CARA PENYETELAN KERENGGANGAN KATUP

  • longgarkan mur pengikat
  • longgarkan mur penyetel
  • masukkan fuller gauge
  • setel mur penyetel
  • kencangkan mur pengikat



  1. Pembersihan / Penyetelan Karburator

    Bersihkan karburator dari kotoran dengan membongkarnya dan memberihkan dengan sikat atau kuas. Periksa setiap lubang main jet maupun pilot jet bila tersumbat bersihkan dengan compressor.


  2. Pemeriksaan saluran bahan bakar

    Periksa semua selang atau pipa yang mengalirkan bahan bakar, bersihkan dengan kompresor biar kotoran dapat keluar.



  3. Pemeriksaan / Pembersihan Busi

    Periksa jarak kerenggangan pengapian pada busi, biasanya pada bebek 0.6 – 0.7 mm dan pada motor sport 0.8 – 0.9 mm


  4. Pembersihan Saluran Udara

    Bersihkan saluran udara denagn menggunakan kompresor. Saluran udara merupakan pemisah kotoran sehingga udara yang masuk dalam karburator dan ruang bakar benar – benar udara bersih.


  5. Pemeriksaan / Pelumasan Rantai Roda
  • Bersihkan rantai roda dari kotoran menggunakan minyak pembersih atau parafin dan segera keringkan.
  • Bersihkan rantai dengan O Ring menggunakan deterjent, keringkan
  • Lumasi dengan minyak pelumas SAE 80 atau 90


Atur jarak kerenggangan rantai motor sesuai petunjuk OEM


  1. Pemeriksaan / Penyetelan Rem

    Periksa jarak kerenggangan atau jarak bebas tuas rem depan dan rem belakang.



    1. Rem Tromol
  • Periksa keausan rem tromol
  • Periksa tromol rem terhadap keretakan / kerusakan


  1. Rem Cakram

    pemeriksaan adanya udara dalam sistim rem


    Periksa keausan pada pad


  1. Pemeriksaan / Penambahan Tekanan Angin


    Biasa pada roda depan 25 psi dan roda belakang 30 psi

  2. Pemeriksaan Suspensi Depan & Belakang


  3. Pemeriksaan Lampu & Klakson


  4. Pemeriksaan / Penambahan Air Aki

    Tambahkan cairan battery untuk setiap sel sampai batas yang ditentukan


    Perawatan terminal batteray


  5. Pemeriksaan / Penyetelan Switch Rem

    Penyetelan switch lampu rem belakang


  6. Pemeriksaan Air Radiator

    Pada kendaraan sport periksa air radiator agar dapat bekerja maksimal dalam mendinginkan mesin waktu berkendara


  7. Pemeriksaan / Penambahan Minyak Rem
  • Putar handle bar sampai mimyak rem pada posisi mendatar
  • Buka cover & diafragmanya letakkan pada tempat yang aman.
  • Lindungi bagian yang kemungkinan terkena minyak rem dengan kain lap.
  • Siapkan air untuk mengantisipasi jika ada yang terkena minyak rem.


  1. Pemeriksaan / Penyetelan Putaran Gas Tangan

    Untuk pengaturan dan penyetelan gas tangan bisa disesuaikan dengan keinginan



  2. Pemeriksaan Pergerakan Bebas Stang Kemudi

    Periksa kebebasan gerak stang kemudi agar dalam berkendara saat membelok denga nyaman.


  3. Pemeriksaan / Pengencangan Mur & Baut

    Sebagai kenyamanan dalam berkendara akan lebih baik jika baut dan mur dikencangkan sesuai dengan fungsinya.

Semoga bermanfaat … selamat berkendara jangan lupa patuhi peraturan lalu lintas… =)

0 komentar:

Posting Komentar