Mazda RX-8 Blogger Template

This is Description

Minggu, 25 April 2010

Rem Hidrolik belakang Si Marun Masuk angin . . . Gimana Biar Bablas anginnya?

Karena kesalahan prosedur akibat ke-awaman saya terhadap penanganan rem hidrolik saat mencopot foot step membuat sistem rem belakang si Marun Yamaha V-Ixion bermasalah . . . di tekan-tekan kok itu cakram belakang nggak ‘menggigit’ ? Wah masuk angin nih . . . Bro sekalian yang dimaksutkan ‘masuk angin’ pada sistem rem hidrolik adalah adanya gelembung udara pada jalur-jalur kabel rem. Seharusnya yang ada pada jalur rem tersebut hanyalah Minyak rem. Minyak rem bila di beri tekanan maka akan meneruskan tekanan tersebut dari master rem ke Kaliper, sedangkan karena Sifat udara yang mengecil volumenya bila di mampatkan maka tekanan itu tidak diteruskan ke Kaliper, cmiiw . . . gimana cara biar bablas anginnya? Yang pasti bukan diberi Anta**in :mrgreen: ok kita bahas langkah perlangkah

Sebelumnya terima kasih Buat Mas Imam Bengkel Sepedamotor yang telah memberikan tutor jarak jauh, baiklah saya share ilmu yang saya dapet dari mas Imam. Siapkan alat alatnya dulu seperti Minyak rem,kunci baut untuk membuka nipple buangan minyak di kaliper (saya pake kunci 8) , selang akuarium, alat untuk mengganjal tuas rem (saya pake Tang). Tujuan Utama kita adalah mengeluarkan angin dari sistem hidrolik via nipple buangan kaliper tersebut.

Langkah pertama, Buka dulu tutup reservoar minyak rem (maap kelupaan ambil gambar )

Langkah ke dua, Buka tutup karet nipple pembuang minyak pada kaliper dan hubungkan dengan selang plastik/karet transparan

Langkah ketiga lakukan beberapa kali pemompaan pada ruas rem, misalnya 10 kalipemompaan. Pada akhir pemompaan tahan tuas rem pada posisi tertekan. Untuk mempertahankan keadaan ini saya mengganjalnya dengan tang.

Langkah ke empat, Buka perlahan baut nipple pembuangan kaliper dengan kunci 8, akan terlihat minyak rem mengalir pada selang . . kencangkan kembali baut ketika terlihat tak ada gerakan minyak rem.

Langkah ke Lima, Lepas tekanan tuas rem dengan melepas ganjelan pada tuas rem, lihatlah minyak di reservoar turun mengisi sistem hidrolik. Bila minyak rem di reservoar habis isi ulang kembali

Bila pada langkah ini sudah terlihat ada gelembung udara mengalir dan rem sudah terasa ‘menggigit’ , bro bisa sudahi

Langkah ke Enam, bila belum terlihat ada gelembung udara mengalir pada selang dan dirasa rem belum ‘mengigit’, bro ulangi proses seperti di langkah ke tiga sampai ke lima, jangan lupa isi ulang minyak rem di reservoar. Pokoknya saat peembuangan minyak rem posisi tuas rem harus dalam keadaan tertekan . . . jangan lupa bila ada minyak rem yang mengenai bagian body/sasis motor segera siram dengan air dan lap hingga bersih untuk mencegah cat ngelotok :)

cara ini bisa di lakukan juga untuk rem depan Hidrolik, perbedaannya adalah cara mempertahankan tekanan tuas rem . . .mungkin caranya di ikat ke hand grip kali ya :D . . . gitu aja deh, semoga berguna

0 komentar:

Poskan Komentar