Mesin distarter :
- dinamo menerima energi listrik sehingga poros dinamo starter berputar.
- Putaran poros dinamo starter ini diteruskan ke sprocket starter melalui rantai starter.
- Sprocket starter berputar searah jarum jam
- Gerakan sprocket starter ini diteruskan ke roda kopling satu arah yang berada di dalam bagian luar kopling
- Roda kopling satu arah ini akan terjepit di dalam alur pada bagian luar kopling starter.
- Dengan terjepitnya roda kopling satu arah tersebut maka bagian luar kopling akan berputar searah jarum jam juga.
- Sementara bagian luar kopling dibautkan pada rotor magnet, otomatis rotor magnet pun ikut berputar searah jarum jam juga.
- Rotor magnet akan memutar poros engkol, karena hubungan pasak antara rotor magnet dengan poros engkol.
- Pada saat mesin hidup, poros engkol telah mendapatkan tenaga putar dari hasil pembakaran dalam ruang bakar.
- Putaran poros engkol lebih cepat daripada putaran kopling starter.
- Sehingga membuat roda kopling otomatis tidak terjepit lagi dalam bagian luar kopling.
- Pada saat ini , putaran poros engkol hanya diteruskan sampai ke rotor magnet , bagian luar kopling dan roda kopling satu arah.
- Inilah saat yang disebut kopling stater memutuskan putaran.
- Namun sproket starter tetap berputar karena dinamo starter tetap mendapatkan energi listrik sampai pengemudi tidak menekan switch starter tersebut.
- Pada saat dinamo starter telah berhenti berputar karena tombol switch tidak ditekan lagi , putaran poros engkol hanya diteruskan sampai ke bagian luar kopling , karena roda kopling satu arah tetap tidak terjepit.
0 komentar:
Posting Komentar